Rabu, 16 Mei 2012

Buttermilk Quick Bread untuk si pemalas


Saya suka sekali sarapan dengan roti. Apalagi kalau rotinya masih hangat hmmmm... nikmat sekali. Biasanya saya beli roti tawar yang lewat depan rumah, langsung disantap dengan olesan selai atau dibuat garlic bread. Suami saya pernah bilang, dia akan sangat bangga sekali kalau saya bisa bikin roti. Aduuhh, gimana ya? saya paling males menguleni adonan roti. Kalau waktu senggang saya banyak sih tak apa. Untungnya saya menemukan resep Buttermilk Quick Bread. Namanya juga quick bread, bikinnya cepat dan mudah. Tidak perlu pakai mikser.

Percobaan pertama sukses berat. Rotinya mengembang dan rasanya enak. Bagian luarnya renyah dan bagian dalamnya lembut. Saya olesi selai kacang, tambah enak. Anak saya Caka juga suka sekali. Percobaan kedua, tepungnya saya campur setengahnya dengan oat meal yang diblender lalu saya beri topping kacang almond dan kismis. Masih tetap lembut rotinya. Enak dan sehat :). Percobaan ketiga, suami saya meminta agar quick bread ini lebih berasa asin daripada manis. Jadi saya kurangi gulanya, saya tambah garamnya dan saya beri oregano bubuk. Hasilnya? enak, sayang keasinan hehehe. Tapi lumayan buat dibikin egg sandwich.

Untuk buttermilk, saya pakai pengganti buttermilk yang bisa dibuat sendiri di rumah yaitu dari campuran susu dan yogurt 1 : 1. Tapi karena stok yogurt lagi ga ada, saya pakai 1 cup susu dan diberi 1 sendok makan cuka apel/ air jeruk lemon.

Resep quickbread ini dari segi pembuatannya sangat cocok bagi si pemalas dan sedikit punya waktu (baca : saya). Dari segi rasa juga cocok karena enak sekali. Untuk saya, rasanya sedikit seperti odading, pertengahan antara roti dan cake.


Berikut resepnya

Buttermilk Quick Bread
Sumber : http://www.thekitchn.com

Bahan :
280 gram tepung terigu serba guna
115 gram cups gula pasir
1 1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1 sdt garam
240 ml buttermilk
1 buah telur ukuran besar
60 ml unsalted butter atau olive oil

Cara buatnya :
Panaskan oven sampai 175 derajat celcius. Olesi loyang loaf ukuran 9x5 inchi dengan mentega (saya menggunakan kertas roti yang diolesi mentega).

Campur tepung, gula, baking powder, baking soda dan garam. Sisihkan.

Kocok buttermilk, telur dan olive oil (jika menggunakan unsalted butter, dilelehkan terlebih dahulu)

Tuang adonan telur ke dalam campuran tepung. Aduk rata perlahan sampai semua bahan tercampur rata. Hati-hati jangan sampai over-mix.

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 47-50 menit sampai mengembang dan berwarna keemasan. Jangan lupa untuk dicek kematangannya dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi tetap bersih setelah ditusuk dalam roti, berarti roti telah matang :)

Keluarkan roti dari dalam oven dan dinginkan selama kurang lebih 15 menit.


Selamat mencoba :)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar