Rabu, 29 Februari 2012

Cake Almond Chocolate Untuk Tahun Baru



Sebenarnya saya membuat cake ini sudah lama, tapi baru diposting sekarang. Cake ini saya buat untuk menyambut tahun baru 2011. Suami saya mengadakan acara barbeque-an di rumah. Yang datang hanya keluarga saja, itu pun hanya terdiri dari anak-anak dan remaja yang bisa disuruh-suruh :p alias adik-adik dan sepupu-sepupu saya.

Saat itu saya masih dalam tahap awal belajar bikin kue. Masih sering gagal (eh... kalau itu sih sampai sekarang juga masih). Nah, kue yang ini, dari pertama bikin tidak pernah gagal. Saya dapat resepnya dari majalah sedap edisi 10/XI/2010 . Yang saya suka, jumlah telur yang dipakai tidak terlalu banyak untuk satu resep, tapi kuenya tetap lembut. Jadi saya suka membuat kue ini untuk hadiah ulang tahun juga. Salah satunya hadiah ulang tahun untuk mertua saya :)

Caka dan Cake :)

Adonan kue ini harusnya dibakar di dua loyang, tapi karena saya malas, saya langsung bakar di satu loyang, kemudian dipotong jadi 2 bagian. Nah bagian potong memotong ini yang susah. Saya sudah coba pakai pisau dapur biasa, sampai yang panjang, masih gagal. Potongannya hancur, bentuk cakenya jadi tidak indah :( Ada teman yang menyarankan memakai benang, masih gagal juga. Mungkin saya yang kurang jam terbangnya, jadi masih gagal. Akhirnya saya menyerah dalam proses potong memotong ini. Jadi saya bakar dalam 2 loyang saja sesuai resep. Saya sampai niat membeli loyang bongkar pasang 2 buah. Kenapa harus loyang bongkar pasang? Ya tidak harus sih sebenarnya, cuma untuk gaya-gayaan saja :p

Sahabat saya, Ica, menambahkan ganache dan buah strawberry untuk toppingnya. Waktu itu saya tidak tahu ganache itu apa. Saya baru tahu setelah Ica praktek langsung di dapur saya. Ganache itu adalah campuran krim dan coklat, biasa dipakai untuk topping cake, cupcake atau pie coklat. Cara membuatnya gampang dan rasanya enak. Nanti saya lampirkan resep dan cara membuatnya ya.

Suami saya si juru panggang
Ica dan adik saya Iqbal

Daging panggang karya suami saya :)


Penyambutan tahun baru 2011

Foto : Dundun Permana


Resep Cake Almond Chocolate (resep asli ada di majalah sedap edisi 10/XI/2010)

Bahan :
100 gram margarin
100 gram mentega tawar dingin
1/4 sdt garam
250 gram gula pasir halus
1/4 sdt pasta almon (saya tidak pakai)
4 butir telur
75 gram cokelat bubuk
350 ml air dingin
75 gram almon bubuk
200 gram tepung terigu protein sedang (ayak)
25 gram maizena
25 gram susu bubuk
2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Bahan olesan :
100 gram selai coklat siap pakai

Cara membuat :
1. Larutkan cokelat bubuk dalam air dingin, saring dan sisihkan
2. Siapkan dua buah loyang diameter 22 cm tinggi 4 cm, oles margarin dan dialas kertas roti. Panaskan oven di suhu 180 derajat celcius
3. Kocok margarin, mentega, garam dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan pasta almon dan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil dikocok rata.
4. Masukkan almon bubuk, aduk rata. Masukkan sisa tepung terigu, maizena, susu bubuk, baking powder, dan soda kue bergantian dengan larutan cokelat bubuk sambil dikocok perlahan.
4. Tuang di dua loyang. Panggang selama 35 menit. Cek matang atau tidaknya dengan menusukkan tusuk gigi ditengah-tengah cake. Jika tusuk gigi bersih, berarti cake telah matang.
5. Ambil selembar cake. Oles atasnya dengan selai cokelat. Tumpuk dengan cake lain. Atasnya diberi ganache dan buah strawberry.


Resep Ganache (resep asli ada di majalah sedap pemula edisi 65/XXII/2011)


Bahan :
300 ml krim kental
400 gram dark cooking chocolate, potong-potong
1 sdm rhum (optional, saya tidak pakai)

Cara membuat :
1. Taruh potongan dark cooking chocolate di mangkuk besar
2. Panaskan krim kental sampai berbuih di bagian pinggirnya
3. Masukkan krim kental dalam mangkuk besar yang berisi potongan dark cooking chocolate, aduk rata. Biarkan kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar