Selasa, 21 Februari 2012

Marshmallow Fondant untuk Veni

Veni, sahabat saya dari kecil, menanyakan apakah saya menerima pesanan cupcake yang dihias-hias menggunakan fondant? Hmmm sejujurnya saya belum pernah mencobanya. Saya kurang suka rasa fondant yang terlalu manis. Saya lebih senang cupcake dengan ganache atau cream chesse. Tapi saya pikir kenapa tidak mencoba? Saya mengiyakan pertanyaan Veni sambil mewanti-wanti bahwa ini perdana. Veni bilang dia percaya kok sama saya hohohoho *blushing.

Karena pesanannya tidak mendadak, saya jadi punya waktu untuk googling dan bertanya sana sini tentang fondant. Fondant itu ada yang dijual sudah jadi, bahkan ada yang sudah berwarna-warni. Merknya juga bermacam-macam. Bikin sendiri pun banyak resepnya di internet, tapi agak ribet ya, bahannya banyak dan (mungkin) sedikit melelahkan karena harus menguleni. Kurang cocoklah sama saya sebagai pemula. Sampailah saya ke sebuah nama Marshmallow Fondant atau biasa disingkat MMF. Fondant yang terbuat dari permen marshmallow ini bisa dibikin sendiri dan ternyata membuatnya cukup mudah. Saya mendapatkan resep dan tipsnya dari sini.

Ini kira-kira resepnya (izin copas ya buat kyra's mom) :

Bahan :
225 gr marshmallow
1 1/2 sdm air putih
450 gr gula tepung (ayak, kadang-kadang saya butuh lebih, jadi sediakan yang banyak ya)
Shortening atau mentega putih (sediakan saja yang banyak)

Alat yang dibutuhkan :
Microwave
Stand Mixer
Mangkuk besar (untuk tempat marshmallow)
Spatula
Plastic wrap

Caranya:
1. Olesi semua alat dengan shortening (kecuali microwave :p, plastic wrap dan mixer pun cuma pengocok dan mangkuk mixernya saja ya). Olesi yang banyak karena akan sangat lengket nantinya.
2. Masukkan 3/4 gula tepung ke dalam mangkuk mixer, sisihkan.
3. Tuang semua marshmallow ke dalam mangkuk besar, beri 1 1/2 sdm air. Masukkan ke dalam microwave dan lelehkan selama 1 menit. Keluarkan dan aduk-aduk. Jika Marshmallow kurang leleh, bisa dilelehkan kembali selama 1 menit.
4. Masukkan marshmallow leleh ke dalam mangkuk mixer, aduk dengan kecepatan sedang dilanjutkan dengan kecepatan tinggi. Setelah rata masukkan 1/2 dari sisa gula halus, aduk kembali dengan kecepatan sedang  lalu kecepatan tinggi. Ulangi sampai seluruh gula habis. Cek MMF dengan menggunakan jari, jika masih menempel di jari berarti masih memerlukan gula tepung.
5. Tuang MMF ke atas permukaan yang sudah diberi gula halus (saya menggunakan baki bundar lebar yang terbuat dari kayu) uleni sebentar, bungkus dengan plastic wrap. Masukkan ke dalam kulkas sebentar. Ketika akan digunakkan, masukkan ke dalam microwave selama beberapa detik.

Resep yang saya tulis diatas hanya 1/2 resep dari informasi yang saya dapat. Hasilnya cukup banyak. Saya sudah 2 kali membuat MMF ini. Sepengalaman saya, gula diperlukan lebih banyak daripada yang dicantumkan di resep. Jadi persiapkan cadangan gula.

Mixer saya mengeluarkan bau terbakar ketika saya membuatnya untuk ke dua kali, langsung saya matikan dan saya uleni sendiri saja. Jadi sebenarnya tidak ada mixer pun bisa, kita tinggal menguleni MMF sambil terus diberi gula tepung. Yah lumayan lah olahraga, tangan tidak sampai jadi seperti Ade Rai kok. Kalau saya melihat video tentang pembuatan MMF ini di you tube, mixer yang mereka pakai canggih-canggih, kalau tidak salah merknya Kitchen Aid, silahkan digoogling. Pantas saja mixer saya tidak kuat hehehe kalah canggih sih.

Bagaimana dengan rasanya? Cukup enak, ya manislah seperti permen. Kalau saya sih tidak kuat makannya, karena masih cenderung terlalu manis untuk saya. Tapi Veni dengan lahap makan fondant beserta cupcakenya. Mungkin lain kali saya akan membuat MMF dengan perasa dan pewangi tambahan.

Selesai membuat MMF, saya langsung membuat dekorasi cupcake pesanan Veni. Alat yang saya gunakan hanyalah pisau, rolling pin, cookie cutter seadanya, edible ink pens, pewarna makanan dan tusuk gigi. Saya belum punya alat-alat mendekor fondant, yah namanya juga perdana.

Jika ada sisa MMF sebaiknya jangan dimasukkan kulkas. Dibungkus plastic wrap, dimasukkan kedalam kotak kedap udara dan disimpan di ruangan yang sejuk saja. Jika dimasukkan ke dalam kulkas, MMFnya seperti mengeluarkan keringat, terlihat agak-agak basah ketika digunakan lagi.

Ini lah hasilnya, cupcake fondant perdana :)




Cupcake ini dipersembahkan Veni untuk hari ulang tahun suaminya tercinta. Selamat ulang tahun Ayah Bubu :)

Foto : R.E. Hartanto

1 komentar: